Rabu, 16 Maret 2011

Artikel Motivasi Untuk Mulai Menulis

Artikel Motivasi kali ini khusus saya buat untuk Anda yang sulit sekali rasanya mulai menulis artikel terutama menulis di blog, sedangkan Anda mungkin pengen sekali, seperti saya dulu juga demikian. Seorang teman pernah bertanya bagaimana cara memulai menulis merangkai kata yang enak dibaca dan seperti tiada henti, hingga tulisan saya tersebar di banyak blog dengan berbagai topik. Sebenarnya jawabnya sangat sederhana. Mulai saja menulis sedikit demi sedikit toh nanti semakin lama akan semakin banyak. Kan pepatah nenek moyang mengatakan sedikit demi sedikit menjadi bukit. Sepertinya itu sanggup memberi sedikit motivasi pada teman itu. Tetapi katanya: Mau menulis apa? Itu yang bingung. Lantas?

Kemudian saya dan teman tersebut ngobrol panjang lebar tentang keinginan dan motivasi teman tersebut untuk menulis. Dia juga dengan bersemangat bercerita tentang hambatan-hambatan yang dihadapi untuk memulai, pokoknya banyak sekali alasan yang dia sebutkan. Lalu saya minta dia untuk mulai saja menulis sehabis ngobrol tersebut. Tetapi dia kembali lagi mengatakan: Nah itulah yang menjadi kebingunan, mau nulis apa untuk pertama kali ini?

Saya jawab dengan balik bertanya: Tadi kan kita sudah ngobrol panjang lebar tentang menulis, dan saya perhatikan motivasimu untuk menulis sudah cukup tinggi. Mengapa tidak menulis saja tentang apa yang kita obrolkan tadi? Mengapa tidak membuat satu tulisan awal yang judulnya misalnya: Saya Bingung Mau Menulis Apa, Saya Pengen Banget Mulai Menulis, atau bahkan bisa juga Saya Tidak Bisa Menulis.

Jadi sebenarnya Tidak Bisa Menulis atau Belum Bisa Menulis itu sendiri bisa jadi JUDUL tulisan, hehe.. Uraikan saja tentang betapa inginnya Anda menulis, alasan-alasan Anda kok belum mulai menulis, Apa saja yang telah dilakukan untuk menulis termasuk curhat ke teman misalnya. Maka tulisan Anda tersebut sudah akan lebih dari 150 kata. Kalau Anda memang Start Action, artinya memang segera Mulai Menulis maka itu tadi akan jadi satu tulisan.

Artikel kedua bisa saja diberi judul: Akhirnya Saya Berhasil Mulai Menulis. Sebagian isinya misalnya: Awalnya saya sangat bingung bagaimana cara mulai menulis, lantas teman saya menyarankan untuk menulis dengan judul Belum Bisa Menulis seperti yang saya tulis di artikel saya yang pertama. Tak disangka ternyata apa yang kita pikirkan atau obrolkan semuanya bisa jadi tulisan, tinggal diubah saja dari pikiran menjadi tulisan. Dan seterusnya..

Ayo kita mulai menulis, paling tidak tentang keinginan kita untuk menulis. Agar bisa menulis memang sangat jelas kita harus melakukannya, Stop Dreaming Start Action dan mulailah menulis. Anda bisa juga misalnya menulis tentang Anda yang baru saja menemukan Artikel Motivasi Untuk Mulai Menulis ini. Anda tinggal menceritakannya kembali tanpa melihat lagi tulisan ini. Masih ingat kan? Jika Anda menulisnya sendiri tanpa melihat lagi tulisan ini maka tentu kata-demi katanya tidak akan sama dengan tulisan saya, artinya Anda sudah bisa mulai menulis. Sipp?

Best Regards
Mufli

Sumber: Artikel Motivasi Untuk Mulai Menulis

Artikel Terkait dengan tema diatas



Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Informasi © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute